Pages

Sunday, November 28, 2010

Psikolog: Hormon Arumi Tengah Bergejolak

Usia remaja merupakan masa di mana mereka tengah mencari jati diri. Hal ini wajar mengingat hormon dalam diri pun sedang mengalami perubahan. Namun bila hormon tersebut berhadapan dengan konflik maka akan terjadi pemberontakan. Itu pula yang diduga sedang dialami Arumi Bachsin. Demikian disebutkan psikolog A Kasandra Putranto, selepas menjadi pembicara dalam acara Pemilihan Jagoan Cerdas Indonesia 2011 bersama Clevo, Jumat (26/11).

?Masa remaja hormon bergejolak dan ingin ini itu, sementara orang tua memiliki kekhawatiran terhadap anak dan itu wajar. Tetapi ketika situasi enggak bisa ditoleransi maka timbul reaksi ekstrim,? terang Kasandra  di Grand Indonesia, Jakarta.

Lebih lanjut dikatakan, reaksi ekstrim yang ditimbulkan beragam. Dia menyebut apa yang dilakukan Arumi saat ini adalah salah satunya.

?Biasanya kalau hormon dan konflik terjadi maka terjadi pemberontakan, di mana remaja merasa mendapat tekanan dan belum dapat mengendalikan hormon,? sambungnya.

Namun begitu, hormon yang ada pada masa remaja ini tidak sama antara satu dengan yang lain. Hal ini disebabkan karena berbagai hal.

?Hormon kayak gini enggak sama tiap orang karena kapasitasnya. Seperti kemampuan intelegensi, intelek dan kecerdasan emosi. Semakin mampu mengendalikan semua itu maka akan bisa memilih tujuan untuk tidak jelek. Sedangkan nilai-nilai luhur yang dianut juga dapat menyelamatkan diri,? urai Kasandra.??? (kpl/dis/sjw)


View the original article here

No comments:

Post a Comment